21 Januari 2008

Pendidikan di Kabupaten Banjar


Peningkatan partisipasi sekolah pada penduduk tentunya harus diimbangi penyediaan sarana fisik dan tenaga guru yang memadai. Selain itu berhasil atau tidaknya pembangunan suatu daerah sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan penduduknya. Penduduk yang berkualitas dan berpendidikan menjadi subyek dalam menggerakkan arah pembangunan. Oleh karena itu untuk meningkatklan mutu pendidikan, salah satunya ditunjang dengan ketersediaan sarana dan fasilitas pendidikan.

Jumlah sekolah negeri yang ada Kabupaten Banjar sebanyak 398 buah, dengan rincian 350 SD Negeri/Inpres, 39 SMTP dan 7 SMTA. Sekolah swasta berjumlah 13 buah. Secara keseluruhan jumlah murid yang ditampung adalah 55.769 orang dengan 4.761 guru, berarti ratio guru : murid berkisar pada perbandingan 1 : 11 . Sementara sekolah yang berada dalam lingkup Kandep Agama berjumlah 217 buah, dengan 3.012 guru dan 26.872 murid, sehingga ratio guru dan murid sekitar 1:13.

Fasilitas pendidikan jenjang Perguruan Tinggi Negeri yang ada/dapat dijangkau karena berada di sekitar lingkungan Kabupaten Banjar adalah Universitas Lambung Mangkurat wilayah Banjarbaru dengan 5 fakultas yaitu Fakultas Perikanan, Pertanian, Kehutanan, Teknik dan Kedokteran, selain itu untuk pendidkan kesehatan tersedia Akademi Perawat Intan Martapura dan Akademi Kebidanan Martapura. Sementara perguruan tinggi swasta adalah STAI Darussalam Martapura, dan STIA Bina Banua Martapura. Sebagai penunjang pendidikan juga telah tersedia 111 perpustakaan.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ass. wr. wb.
tolong semua info di update terus lah.
suapa dibaca banyak orang.
syukran
wass. wr. wb.

DPD PKS Kabupaten Banjar mengatakan...

insya Allah!